HIDUP SEHAT DENGAN FITNESS

PENULIS : WANDRA SUTEJO

PELIPUT : YULIUS ADIPUTRA

FOTOGRAFER : WANDRA SUTEJO

Jakarta, D News 18-12-2010

dnewsbsi.blogspot.com – Belakangan ini banyak orang yang tidak mementingkan apa itu yang namanya hidup sehat,padahal hidup sehat itu sendiri sangat penting bagi tubuh kita.Berat badan bertambah sejalan dengan usia,banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cara instant,tapi itu salah cara yang baik adalah dengan cara fitness.

Fitness itu adalah membakar lemak dan menambah massa otot,tutur Rais Putra salah satu instruktur di Gelanggang Remaja Jakarta Timur.Rais pun mengenalkan alat apa saja yang biasanya di pakai dalam membentuk tubuh,diantaranya Cardio,Latpulldown,Butterfly,Bench press,Indine Bench Press,Decline Bench Press,Chest Press,Shoulder Press,Chin Up,Leg Press,Skot.

Untuk mendapatkan hasil yang baik biasanya dapat di tambah dengan Aerobik yang berfungsi untuk mempertahankan bentuk tubuh,jadi ada keterkaitan satu sama lain antara fitness dengan aerobic.Waktu yang di butuhkan juga tidak lama tergantung dari diri orang itu sendiri ada yang 3-5 bulan sudah mendapatkan hasil yang ideal,ujar Rais Juara Harapan Suplemen Prolab ini.

Mungkin ada sebagian orang yang berfikir fitness itu mahal tapi tidak di Gelanggang Remaja Jakarta Timur ini untuk menjadi member juga terhitung murah Rp.6500/hari,Rp.75000/bulan,dan Rp.180000/3bulan,jadi dengan harga yang terjangkau tersebut kita dapat mewujudkan impian kita semua yaitu bertubuh ideal dan sehat.Di Gelanggang Remaja ini sudah ada 400 orang yang menjadi member salah satu nya Fauzi yang mengaku pertama waktu dia baru memulai fitness memang badan pegal-pegal itu d karenakan otot yang masih kaku karena belum terbiasa tapi lama-kelamaan sudah tidak lagi.Fauzi pun dulu mempunyai postur tubuh yang gemuk,berat badan nya pun 68 tapi setelah dia melakukan fitness selama 3 bulan berat dia pun sudah turun 7 kilo dan sekarang berat badan nya 61,dengan latihan 5 kali seminggu.Waktu di singgung kenapa memilih fitness di Gelanggang Remaja Jakarta Timur ini dia Fauzi pun menjawab “karena suasana nya enak,orang-orang nya ramah,alat-alat nya komplit,dan yang paling penting murah”jawab Fauzi yang sudah 3 bulan menjadi member di sini sambil tersenyum.

PENULIS : DEA REFIDA

PELIPUT : M.ZAMZAMI

FOTOGRAFER : M.ZAMZAMI

Sepak Bola Jalanan “ Street Ball “

dnewsbsi.blogspot.com – Sejak Tahun 1996 mulai berdiri permainan sepak bola unik yang diberi nama Street Ball atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sepak Bola Jalanan, yang memang pada umumnya permainan ini dilakukan di jalanan.

Muhamad Tikay yang kini berusia 21 tahun dan bertempat tinggal di daerah Kemayoran Timur, Jakarta pusat. Dia seorang Cleaning Service (OB) dia bekerja di sebuah perusahaan swasta di kawasan Jakarta pusat. Selain bekerja sebagai seorang Cleaning Service (OB), dia juga sering mengisi waktu luangnya dengan bermain sepak bola.

Saya senang bermain sepak bola apalagi bila bermain Sepak Bola Jalanan atau Street Ball, meskipun usia saya sekarang 21 tahun tapi saya masih dapat bermain Street Ball sebab permainan Street Ball bisa di mainkan oleh siapa saja dan dapat di mainkan dimana saja tanpa merogoh kantong”. Ujar Muhamad Tikay atau yang lebih akrab di panggil Tikay.

Street ball mulanya hanya dapat di temui di wilayah Jakarta pusat, terutama di kawasan Kemayoran. Karena pada Tahun 1996, di kawasan ini tidak terdapat lahan yang cukup untuk bisa bermain sepak bola layaknya bermain football dan futsai, karena hanya di jalananlah mereka bisa bermain sepak bola. Di tambah lagi, banyaknya masyarakat muda dan anak-anak yang mempunyai hobi bermain sepak bola. Akhirnya sebagai pelampiasan hobinya, masyarakat sekitarpun memaksakan diri dan mencoba untuk bermain sepak bola di jalanan, hingga akhirnya mereka terbiasa. Oleh karena itu, masyarakat sekitarpun sepakat untuk mengembangkan permainan ini termasuk Tikay.

Sejak usia 9 tahun Tikay pernah mempunyai sebuah tim yang bernama ‘The Jadul’. Dia pernah berusaha mengembangkan permainan sepak bola Street Ball dengan melakukan pertandingan antara timnya dengan tim lain yang ada di wilayahnya. Sayang usahanya gagal, hanya karena tim yang ada hanya baru terdiri dari beberapa tim saja. Namun dia tidak menyerah, sampai akhirnya dia membentuk sebuah liga yang bernama Liga Aspal (LA), Dan akhirnya usaha Tikay pun berhasil. Berkat keberhasilannya, permainan Street Ball pun kini mulai berkembang.

Pada Tahun 1997 permainan Street Ball mulai di minati masyarakat, terutama di kalangan remaja. Bahkan permainan Street Ball sudah dapat di temui di wilayah manapun, yang tepatnya di Jakarta pusat dan sekitarnya. Seperti di wilayah Jakarta utara, kini sudah banyak masyarakat yang mulai senang dengan permainan ini.

Menurut pendapat masyarakat sekitar, Street Ball merupakan permainan yang menyenangkan dan juga menarik. Selain itu, permainan ini juga dapat menguji mental kita dari banyaknya resiko-resiko yang harus kita hadapi saat bermain Street Ball, apalagi banyak yang bermain tanpa menggunakan alas kaki (sepatu). Misalnya ketika kita terjatuh pada saat memperebutkan bola, sudah tentu kita akan terluka karena kasarnya permukaan aspal. Berbeda dengan permainan sepak bola yang bermain di lapangan yang permukaannya datar dan berumput.

Memang permainan sepak bola Street Ball ini memiliki banyak perbedaan dengan permainan sepak bola pada umumnya yang biasa melakukan permainannya di lapangan berumput atau di dalam ruangan. Seperti football dan juga futsal.

Street Ball bisa terbilang sebagai permainan yang sangat mudah untuk di mainkan, karena Street Ball dapat di mainkan dimana saja asal itu tidak menggangu aktivitas masyarakat sekitar. Street Ball merupakan permainan yang biasa di lakukan diatas permukaan yang kasar, dan bisa dibilang dengan sebutan ‘ASPAL’ atau jalanan. Bermain Street Ball pun harus dengan menggunakan bola plastik, karena bola plastik tidak dapat membal dan tidak keras seperti layaknya bola bleter dan bola futsal yang biasa di gunakan dalam permainan football dan futsal. Selain itu, bola plastik juga tidak membahayakan orang lain dan kendaraan pengguna jalan yang sedang melintasi jalanan yang mungkin tempatnya sedang digunakan sebagai tempat bermain Street Ball.

Permainan Street Ball hanya boleh di mainkan oleh 5-7 pemain saja, agar bola plastik yang di mainkan Street Ball ini juga merupakan salah satu permainan sepak bola yang menarik. Sebuah permainan yang mencoba menguji kesabaran dan kejujuran kita sebagai pemain. Karena permainan ini harus berjalan tanpa adanya seorang wasit yang memimpin pertandingan, hal itu lah yang membuat kesabaran dan kejujuran kita selama bertanding dapat teruji.

Berbeda dengan football, karena football di mainkan oleh 11 pemain dan untuk bermain football tentunya kita memerlukan lahan yang luas untuk mencakupi pemain agar lebih leluasa dalam memainkan bola, terutama disaat menggiring bola.

Sedangkan untuk bermain futsal, kita harus memiliki uang untuk menyewa (membayar) lapangan dengan harga yang sudah di tentukan.

Kami tak menyangka ternyata sampai saat ini Street Ball masih berkembang dan masih banyak di senangi orang banyak, mungkin inilah yang menyatukan saya dengan mereka”. Ujar Tikay sambil tersenyum”.

Berbeda dengan Street Ball yang permainanya dapat di lakukan dimana saja tanpa harus merogoh kantong (mengeluarkan biaya). Selain terbilang sebagai permainan yang unik dan menarik juga mempunyai kelebihan tersendiri, yaitu Street Ball mampu menunjukkan arti kejujuran dalam sebuh permainan. Dari bermain Street Ball juga kita menjadi mengerti dan tahu tentang pentingnya arti persahabatan dalam hidup dan seperti apa cara menghargai sesama di dalam hidup ini.

RALLY PUN TAK MAU KETINGGALAN

Penulis : Karlina oktaviany

Peliput : Karlina oktaviany,Dea refida,Wandra sutejo,Danto sugiharto,Yulius adi putra

Jakarta dnews 03-01-2011

dnewsbsi.blogspot.com – Setelah kemarin indonesia diramaikan oleh pertandingan sepak bola, sekarang kita akan membahas tentang rally. Banyak orang berkata bahwa olahraga tidak hanya badminton, tenis meja, volley,dll. Bagi sebagian orang, rally bisa juga di kategorikan sebagai olahraga. Sampai sampai ada seseorang yg khusus membuat bengkel untuk motor motor yang nanti nya di pakai untuk rally.

Salah satu nya yaitu bengkel GAFISCO, bengkel pemilik SONY KUNCORO ini siap membantu untuk membuat keren mothor. Bengkel ini di resmikan sekitar tahun 1990, dan motor motor yang di modif untuk perlombaan rally, mulai di ikut sertakan dalam perlombaan, sekitar tahun 1998. “motor yang kami modif, sudah pernah ikut kejuaraan di sentul dan kemayoran” tutur sony.

Rally ini biasa nya kalau untuk kejuaraan drak, kita memakai motor mio dan nuvo, kalau untuk gunung, kita memakai RM dan RCM” papar nya. Untuk kejuaraan nya sendiri tidak tentu, kadang sebulan sekali, kadang sebulan dua kali, kadang tiga bulan sekali. Dan untuk atlit nya sendiri, kita serahkan kepada pemilik nya, lanjut nya. Bengkel ini berharap untuk ke depan nya mudah mudahan kita bisa dapat nama di masyarakat dan dapat tropi, dan juga kita ingin maju, dapat juara yang lebih baik lg dan juga ingin sekali bisa ngepres mesin dengan lebih baik lagi.