Serabi Cinta

peliput : Rizky Nuzul, Tyara, Nadya

Foto : firly

Jakarta, dnewsbsi 21-12-2010

dnewsbsi.wordpress.com –

Serabi merupakan makanan tradisional khas Indonesia. Bahannya terbuat dari campuran tepung beras dan kelapa yang kemudian dipanggang di atas tungku khusus berbentuk bulat. Tungku biasanya terbuat dari tanah liat, sehingga bau serabi menjadi semakin khas. Sebagai campuran, serabi biasanya dicocol dengan kuah yang terbuat dari gula merah.

Serabi menjadi makanan yang cukup digemari. Untuk meraih pelanggan, banyak kedai serabi melakukan berbagai modifikasi dengan menambahkan aneka rasa, misalnya menjadi serabi durian, serabi cokelat dan sebagainya.

Tak terkecuali kedai Serabi yang berada di daerah Matraman,Kedai ini juga melakukan modifikasi serabi saat membuka kedai Serabi Cinta dua tahun lalu. “Jaman sekarang kalau kita tidak inovatif, bisa kalah saingan, makanya saya namakan Serabi Cinta,” kata Syahrul.

Nama Serabi Cinta bukan berarti bentuk serabi berbentuk hati atau love. Alasannya dia ingin tetap mempertahankan orisinalitas bentuk serabi, “Serabi identik dengan bentuk yang bulat, kalau saya ubah, barangkali bukan serabi lagi namanya,” ujar Syahrul sembari mengatakan dia hanya ‘berani’ mengubah rasa serabinya saja.

Di kedai miliknya ini, Dia sukses memodifikasi aneka rasa serabi dengan rasa yang tetap lezat. Kebanyakan orang memodifikasi serabi dengan cara mengubah rasa pada kuahnya saja, misalnya menjadi kuah strawberry, durian, cokelat, dan sebagainya. Tapi tidak di kedai ini. Dia berani berinovasi dengan ‘mengutak-atik’ rasa serabi itu sendiri. Serabi Cinta punya aneka rasa, ada rasa strawberry, cokelat, keju, pisang, nanas, nangka, dan sebagainya

Proses pembuatan Serabi Cinta sama dengan cara pembuatan serabi pada umumnya. Bahan utama tepung beras dan kelapa dicampur menjadi satu sehingga membentuk adonan kental. Adonan lalu dituang di atas tungku dan dipanggang. Pada Serabi Cinta, adonan diberi bahan tambahan misalnya bubuk cokelat yang  ditabur di atas serabi saat sedang dipanggang.Untuk Harga,tidak dipatok terlalu mahal,untuk perbuahnya RpSoal 4000,-

 

Soto Gebrak

peliput : Rizky Nuzul, Tyara, Nadya, Made

Foto : firly

Jakarta, dnewsbsi 21-12-2010

dnewsbsi.wordpress.com – Ingin merasakan sensasi yang berbeda ketika sedang menyantap makanan?datang saja ke Soto Gebrak. Warung soto yang berdiri tahun 1973 ini sudah memiliki beberapa cabang di antaranya di daerah Tebet, Depok, Tangerang, Cibubur,dan pusatnya berada di daerah Setiabudi,Jakarta Selatan.

Dinamakan Soto Gebrak karena gebrakan akan sering anda dengar selama bersantap disini.Bunyi gebrakan tersebut berasal dari botol Kecap Asin yang di banting ke kayu yang dilakukan oleh peracik soto,disitulah keunikannya yang membuat tempat ini terkenal. Di tempat ini memiliki slogan “Senyum boleh,Marah jangan” mungkin maksudnya agar pengunjung tidak marah mendengar bunyi gebrakan tersebut. Gebrakan tersebut di buat sebagai ciri khas dari tempat makan ini.

Awalnya Cak Anton pemilik warung ini berjualan dengan menggunakan grobak pada tahun 1973 di Jalan Setiabudi, kemudian pada tahun 1980 beliau mengontrak di dekat SMA 3 Setiabudi,hingga kemudian bisa mendirikan 4 cabang di berbagai daerah di Jabodetabek.

Warung soto yang buka setiap hari mulai pukul 09.00-22.00 ini memiliki berbagai jenis soto,diantaranya Soto Daging, Soto Ayam, Soto campur jeroan, Soto combi daging ayam, sebagai pelengkap soto ada pula berbagai jenis gorengan yang sudah tersaji di atas meja seperti sate usus, sate telur, sate empal, telur asin, perkedel, emping.untuk minuman pilihannya adalah softdrink, teh, air mineral, dan es jeruk. Harga per porsi Soto Rp 14.000,- .

 

Es Krim Goreng

Penulis : Rizky Nuzul,Tiara,Nadya

Fotographer : Firly

Jakarta, dnewsbsi 23-12-2010

Dnewsbsi.wordpress.com –

Mendengar namanya mungkin masih aneh ditelinga kita, namun Es Krim goreng ini sudah memiliki banyak penggemar di negara Amerika. Di indonesia sendiri belum begitu banyak yang mengetahuinya. Tidak diketahui kapan pertama kali Es Krim ini pupoler. Es Krim adalah sebuah makanan penutup berupa es krim yang digoreng. Es krim goreng memiliki varian Amerika Utara dan Asia.

Di Amerika, Makanan ini dibuat dengan mengambil satu sendok es krim yang sangat dingin dan terjaga suhunya, dan diolesi dengan telur mentah, digulingkan dengan cornflakes atau remah-remah biskuit, dan digoreng dalam waktu sebentar. Suhu es krim yang sangat dingin tidak akan membuatnya meleleh saat digoreng. Setelah selesai digoreng, es krim ini diberi kayu manis, gula atau sedikit sentuhan daun mint, walaupun krim kocok dan madu kadang juga ditambahkan.

Berbeda dengan di Amerika,Di Indonesia Es Krim Goreng dibuat dengan diselimuti Roti atau Crepes lalu di bekukan terlebih dahulu,dan ketika digoreng sebelumnya di lumuri telur dan tepung roti. Jika kamu ingin merasakan nikmatnya Es Krim Goreng ini,kamu bisa datang ke Warung Es Krim Empires yang terletak di Jln Tenggiri Raya No 26 Rawamangun,Jakarta Timur. Harga per porsi Es Krim Goreng kira kira dari 5.000 – 7.000 rupiah.



Advertisements